Apakah kamu bersemangat untuk berbagi pengetahuan dengan dunia? Atau mungkin kamu hanya mencari cara baru untuk memasarkan bisnis?
Jika demikian, memulai channel edukasi di YouTube mungkin menjadi solusi yang tepat untukmu. YouTube dapat menjangkau khalayak luas.
Dalam artikel ini, kami akan memberimu beberapa kiat tentang cara memulai channel edukasi di YouTube. Kami akan menguraikan langkah-langkah yang harus diambil, apa yang perlu menjadi fokus. Jadi, tunggu apa lagi? Membuat channel edukasi yang sukses di YouTube bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan dedikasi dan kerja keras, kamu bisa berhasil di platform ini. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk memulai.
1. Memilih topik
Langkah pertama dalam memulai channel edukasi di YouTube adalah menentukan fokus kontenmu. Topik apakah yang kamu sukai? Apakah ada bidang keahlian yang dapat kamu ambil? Pilih satu topik atau beberapa yang terkait saat membuat video. Ini akan membantu kamu membangun audiens yang berdedikasi dari waktu ke waktu dan memudahkan orang menemukan kontenmu.
Misalnya, jika kamu sangat menyukai memasak dan ingin membuat video edukasi, fokuslah untuk membuat konten yang berkaitan dengan memasak, bukan membahas topik lain seperti desain interior atau membuat film.
2. Membuat konten berkualitas
Setelah memilih fokus, saatnya untuk mulai membuat konten. Kualitas adalah kunci di sini, jadi pastikan video yang kamu buat informatif, menghibur, dan terlihat profesional. Berinvestasi dalam peralatan audio dan video yang bagus akan terbayar dalam jangka panjang lagi pula, audiens tidak akan bertahan lama jika video kamu buram atau audionya tidak jernih.
3. Best practice untuk channel edukasi
Setelah kamu membuat channel YouTube dan memiliki beberapa video, kamu bisa mulai menerapkan beberapa best practice. Berikut adalah beberapa kiat untuk membantumu mendapatkan hasil maksimal dari channel mu.
- Membuat pelajaran singkat dan menarik
Sebagian besar audiens mencari konten yang cepat dan mudah dicerna. Usahakan agar video berdurasi kurang dari lima menit, karena ini akan membantu kamu mempertahankan perhatian audiens.
- Konsisten
Konsistensi adalah kunci dalam memiliki channel di YouTube. Memposting konten secara reguler akan membantu kamu membangun audiens dan membuat mereka tetap terlibat. Pertimbangkan untuk memposting setidaknya satu video setiap minggu, dan menyiapkan kalender editorial untuk membantumu tetap di dalam jalur.
- Menambahkan keterangan dan subtitle
Teks dan subtitle membuat video kamu lebih mudah diakses oleh mereka dengan keterbatasan pendengaran atau bagi mereka yang berbahasa lain.
- Menggunakan thumbnail
Menggunakan thumbnail di semua video, akan membantu menarik perhatian orang menuju ke konten yang kamu publish dan mendorong audiens untuk mengkliknya.
- Memanfaatkan playlist
Mengelompokkan video yang saling terkait dalam satu playlist akan memudahkan audiens menemukan lebih banyak konten yang kamu buat.
4. Mempromosikan video di Multiplatform
Jangan lupa untuk mempromosikan video kamu di media sosial dan platform lainnya. Ini bisa menjangkau audiens yang lebih luas dan mendapatkan lebih banyak penayangan. Kamu tidak pernah tahu siapa yang sedang butuh bantuan dengan keahlianmu, jadi pastikan untuk membagikannya sebanyak mungkin.
5. Terlibat dengan audiens
Pastikan untuk terlibat dengan audiens. Tanggapi komentar dan pertanyaan, jika sudah memiliki audiens yang loyal dan cukup banyak, kamu bisa membuat jajak pendapat dan survei, juga meminta masukan mereka tentang jenis konten yang ingin mereka lihat selanjutnya. Dengan melakukan hal ini kamu sedang membangun hubungan dengan audiens dan membuat mereka selalu kembali pada channel yang kamu miliki.
6. Menjadi diri sendiri
Yang terpenting, pastikan untuk menunjukkan kepribadianmu dalam video. Audiens ingin terhubung dengan orang sungguhan, jadi jangan takut untuk menjadi diri sendiri dan berbagi cerita kepada mereka.
ADAPTO.ID is committed to creating impactful content and communication strategies for your organizations and brands. We produce audiovisual and readable materials to effectively deliver your messages. As your best partner, we understand your needs and challenges. Through memorable and meaningful storytelling, we hope to inspire and foster a strong connection with your audience and customers.
To learn more visit www.adapto.id and follow us on Instagram.
Bahasa
ADAPTO.ID berkomitmen untuk membuat konten dan strategi komunikasi yang berdampak bagi berbagai organisasi dan brand. Kami memproduksi materi audiovisual dan mudah dibaca untuk menyampaikan pesan organisasi dan brand secara efektif. Sebagai partner terbaik, kami memahami kebutuhan dan tantangan yang Anda hadapi. Melalui storytelling yang berkesan dan bermakna, kami berharap dapat menginspirasi dan membina hubungan yang kuat dengan audiens dan pelanggan Anda.
Untuk mempelajari lebih lanjut, kunjungi www.adapto.id dan ikuti kami di Instagram.