Podcast terus menjadi media yang semakin populer setiap tahunnya, dengan lebih dari 5 juta program aktif yang kini tersedia, podcast mampu mengumpulkan 424,2 juta pendengar di seluruh dunia.
Jadi memulai podcast adalah langkah yang bagus untuk mewujudkan impianmu. Tapi segera setelah kamu memulainya, muncul pertanyaan bagaimana membuat podcast mu naik level, dari cuma sekedar ada menjadi digemari oleh audiens. Bagaimana pun juga podcast tidak akan pernah dapat memenuhi tujuan yang dimaksudkan jika tidak ada yang mendengarkannya.Untuk menjawab kesulitan kamu, kami memiliki beberapa tips untuk membantumu meningkatkan podcast sehingga calon pendengar dapat dengan mudah menemukannya. Jika kamu juga sudah lama menjadi podcaster, saya rasa kamu juga akan menemukan tips ini berharga.
1. Membuat konten yang bermanfaat
Langkah pertama menuju visibilitas adalah meluangkan waktu untuk mengevaluasi kontenmu secara objektif. Ajukan beberapa pertanyaan kritis kepada diri sendiri. Apakah pendengarmu akan puas atau kesal ketika mereka mendengarnya? Apakah benar-benar sepadan dengan waktu yang mereka keluarkan? Untuk menilai kualitas podcast mu, hindari mengevaluasinya sendiri. Cobalah mencari masukan dari rekan, teman atau keluarga terpercaya, dan kerjakan apa yang perlu ditingkatkan dan disempurnakan dari situ.
2. Mempertahankan konsistensi konten
Konsistensi dalam merilis konten podcast akan membuat podcast mu lebih terlihat. Buatlah jadwal untuk konten podcast dan patuhi itu. Rekam episode podcast setidaknya dua hari sebelumnya untuk menghindari hal-hal yang bisa menghambat penyiarannya. Podcast dengan konten yang konsisten lebih mungkin ditemukan daripada podcast dengan konten acak yang muncul sesekali.
3. Meningkatkan kualitas audio dengan peralatan yang tepat
Perlengkapan podcast yang tepat dapat membantu meningkatkan kualitas suaramu, audio akan lebih jernih dan tidak terlalu keras. Baik merekam podcast dengan orang yang diwawancarai secara langsung, dengan host podcast lain, atau melalui platform daring seperti Zoom atau Google, memiliki peralatan yang tepat dapat membantu meningkatkan kualitas audio. Alih-alih menggunakan mikrofon internal di laptopmu, pertimbangkan untuk membeli mikrofon yang berkualitas. Ini juga akan mempermudah proses pengeditan podcast nantinya.
4. Merekam di lingkungan yang tenang
Studio adalah pilihan terbaik untuk perekaman podcast, tetapi ruangan kecil yang sunyi seperti lemari dapat bekerja dengan baik untuk perekaman di rumah. Ruang kecil dengan bahan peredam suara bisa mengurangi potensi kebisingan latar belakang dan gema yang dapat membuat suara audio mu berantakan.
5. Menyertakan musik intro
Tetapkan nada yang cocok untuk podcast mu dengan memulai setiap episode dengan musik intro. Kamu bisa merekam sendiri, menyewa musisi, atau menggunakan musik yang bebas royalti yang dapat ditemukan gratis secara daring. Musik intro ini akan membedakan podcast kamu dengan podcast-podcast lainnya.
6. Membuat desain sampul yang unik dan menarik
Meskipun kita sering mendengar pepatah “Don’t judge a book by its cover” tapi menurut penelitian 90% informasi yang dikirimkan ke otak bersifat visual. Visual diproses 60.000 kali lebih cepat di otak daripada teks. Itulah mengapa grafis akan sangat memikat pendengar potensial saat menelusuri direktori podcast. Pastikan menyertakan nama podcast kamu pada sampul podcast dan memberikan gambaran tentang acaramu kepada pendengar baru. Dengan desain sampul yang unik dan deskripsi yang menarik, podcast mu bisa mendapat audiens lebih banyak lagi.
7. Menuliskan catatan podcast yang berlangsung
Tampilkan catatan di samping episode podcast. Catatan bisa berisi transkripsi audio, deskripsi singkat episode, tautan yang bermanfaat bagi audiens dan credit title.
8. Mempromosikan podcast dengan posting konten pendukung
Mempromosikan podcast dengan membuat situs web podcast akan sangat membantu. Kamu bisa menulis artikel blog tentang episode baru dan topik terkait. Ini adalah cara yang bagus untuk melibatkan pendengar podcast baru dan membantu memposisikan situs web kamu di halaman hasil pencarian dan merupakan salah satu alat terbaik untuk menjaring calon pelanggan baru. Situs web juga dapat membantu mendukung upaya monetisasi di masa mendatang seperti konten bersponsor.
ADAPTO.ID is committed to creating impactful content and communication strategies for your organizations and brands. We produce audiovisual and readable materials to effectively deliver your messages. As your best partner, we understand your needs and challenges. Through memorable and meaningful storytelling, we hope to inspire and foster a strong connection with your audience and customers.
To learn more visit www.adapto.id and follow us on Instagram.
Bahasa
ADAPTO.ID berkomitmen untuk membuat konten dan strategi komunikasi yang berdampak bagi berbagai organisasi dan brand. Kami memproduksi materi audiovisual dan mudah dibaca untuk menyampaikan pesan organisasi dan brand secara efektif. Sebagai partner terbaik, kami memahami kebutuhan dan tantangan yang Anda hadapi. Melalui storytelling yang berkesan dan bermakna, kami berharap dapat menginspirasi dan membina hubungan yang kuat dengan audiens dan pelanggan Anda.Untuk mempelajari lebih lanjut, kunjungi www.adapto.id dan ikuti kami di Instagram.