Salah satu resolusi kamu tahun ini mungkin ingin membuat kursus online untuk membagikan keahlianmu kepada banyak orang dan menghasilkan profit dari situ. Atau mungkin sebagian dari kamu sudah melakukannya tapi belum memiliki strategi untuk mempromosikannya.
Calon pelanggan sulit mendapatkan betapa bermutunya kursus online kamu jika mereka kesulitan menemukannya. Untuk menjangkau komunitas yang lebih luas, kamu harus tahu bagaimana mempromosikan kelas-kelasmu.
Membuat rencana marketing online mungkin tampak seperti tugas yang sangat berat, terutama jika kamu tidak memiliki pengalaman sebelumnya. Namun, dengan rangkaian teknologi dan strategi digital yang tepat, kamu dapat dengan mudah mendapatkan daya tarik dan meningkatkan penjualan.
Kami telah menyusun enam strategi marketing efektif bagi kamu untuk membantu memenangkan lebih banyak siswa:
1. Membuat kursusmu dibicarakan di media sosial
Mengidentifikasi platform media sosial mana yang digunakan oleh para pelajar bisa membantu kamu mengatur strategi marketing. Untuk mengetahuinya, bandingkan demografi pengguna di setiap platform dengan para pelajar yang ingin kamu targetkan.
Dengan sekitar 1 miliar lebih orang menggunakan Instagram, banyak brand beralih ke Instagram untuk mencari calon pelanggan potensial. Namun, kebanyakan pembuat kursus mempromosikan kursus mereka sebelum meningkatkan basis follower mereka. Sebaiknya jangan langsung terus-menerus mempromosikannya jika kamu sedang dalam tahap membangun follower. Selama tahap ini, menerbitkan konten pendidikan yang bermanfaat bagi audiens adalah yang terbaik. Ini juga akan membantu meningkatkan jumlah follower.
2. Memaksimalkan kursus berada dalam halaman pertama Google
Sekitar 84,08 persen pengguna internet menggunakan Google untuk penelusuran mereka. Lima hasil pertama di halaman pertama penelusuran Google mendapatkan sekitar 67 persen dari semua klik.
Ini menunjukkan betapa pentingnya kursus online kamu berada setidaknya di halaman pertama Google. Banyak platform yang menawarkan layanan SEO untuk membantu mengoptimalkan situs kamu untuk kata kunci yang diinginkan.
Kamu tidak perlu menjadi seorang digital marketer andal dulu untuk membuat halamanmu mendapat peringkat tinggi dalam hasil search engine. Cukup gunakan alat SEO di platform yang kamu gunakan untuk memaksimalkannya. Mungkin membutuhkan biaya tambahan tapi ini penting untuk kelangsungan bisnis.
3. Menuliskan posting tamu di blog lain
Blogging tamu adalah strategi yang sering dilakukan oleh banyak pelaku bisnis. Dengan memposting artikel di situs lain, kamu bisa meningkatkan lalu lintas ke halaman kursus, membantumu menarik audiens, yang sulit dijangkau sebelumnya. Selain itu, mengundang influencer untuk menulis di situs kamu juga adalah cara yang bagus untuk membangun jaringan dan meningkatkan awareness terhadap konten dan bisnis yang sedang kamu bangun.
4. Menawarkan sneak peak
Sebuah kursus kilat bisa memberi para siswa baru seperti apa rasanya belajar di kursus online yang kamu buat. Strategi ini bisa memancing mereka untuk mendaftar kursus yang lengkap. Catatannya adalah jangan memberikan terlalu banyak informasi dalam kursus ‘sneak peak’ ini.
Sediakan garis besar tentang topik apa yang akan dibahas dalam kursus utama yang berbayar dan nilai tambah yang akan diperoleh siswa di akhir kursus nanti.
5. Lakukan webinar untuk memasarkan kursus
Webinar adalah cara efektif untuk membuat dan mendistribusikan konten hebat yang dapat digunakan kembali untuk kebutuhan marketing lainnya. Misalnya, kamu dapat membagikan klip webinar yang kamu lakukan di platform media sosial atau menggunakan transkripnya untuk menerbitkan posting-an blog. Ini juga membantu kamu membangun otoritas pada bidang yang kamu tekuni.
6. Kumpulkan testimoni dari pelajar sebelumnya
Testimoni siswa yang telah menggunakan layanan sangat kuat pengaruhnya dan dapat membantu membangun kredibilitas tidak hanya untuk kursus online tetapi juga bagaimana keterampilan kamu saat mengajar.
Undang beberapa siswa untuk mencoba kursus dengan memberikan diskon awal atau menawarkan kursus gratis. Ini akan mempermudah jalannya pengumpulan testimoni untuk kamu tampilkan nanti.
Keenam strategi marketing ini bisa berguna dalam mempromosikan kursus online yang kamu bangun. Namun, memberikan program kursus yang bagus dan unggul harus menjadi fokus utama. Karena pada akhirnya kualitas kursus yang kamu tawarkanlah yang akan mendorong kesuksesan jangka panjang.Jika kamu membutuhkan tim yang berkualitas untuk memproduksi kursus online yang kamu impikan sejak lama, jangan ragu untuk menghubungi kami di Adapto.Id.
ADAPTO.ID is committed to creating impactful content and communication strategies for your organizations and brands. We produce audiovisual and readable materials to effectively deliver your messages. As your best partner, we understand your needs and challenges. Through memorable and meaningful storytelling, we hope to inspire and foster a strong connection with your audience and customers.
To learn more visit www.adapto.id and follow us on Instagram.
Bahasa
ADAPTO.ID berkomitmen untuk membuat konten dan strategi komunikasi yang berdampak bagi berbagai organisasi dan brand. Kami memproduksi materi audiovisual dan mudah dibaca untuk menyampaikan pesan organisasi dan brand secara efektif. Sebagai partner terbaik, kami memahami kebutuhan dan tantangan yang Anda hadapi. Melalui storytelling yang berkesan dan bermakna, kami berharap dapat menginspirasi dan membina hubungan yang kuat dengan audiens dan pelanggan Anda.Untuk mempelajari lebih lanjut, kunjungi www.adapto.id dan ikuti kami di Instagram.