4 Strategi Mudah untuk Menggunakan Kembali Konten Podcast Mu

Jika kamu memiliki podcast yang sudah berjalan, kamu tidak perlu terus mencari konten baru. Salah satu strategi yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan kembali kontennya. Mengubah tujuan konten podcast sebenarnya cukup mudah, dan menawarkan banyak potensi untuk meningkatkan audiens tanpa mengeluarkan banyak biaya.
Nah kali ini, kami memberimu empat cara kreatif untuk mengubah episode podcast mu menjadi konten populer lainnya untuk dikonsumsi oleh lebih banyak audiens:

1. Membuat video dari konten podcast yang ada

Cara ampuh untuk memanfaatkan konten podcast adalah mengubahnya menjadi konten video.

Jika kamu mewawancarai seseorang di salah satu episode podcast, ini merupakan kesempatan ideal untuk merekam video wawancara podcast kamu (ya—sekali berenang dua pulau terlampaui). Dengan perlengkapan audio yang sudah terpasang, kamu hanya perlu menambahkan persiapan yang solid dengan pencahayaan dan kamera yang tepat untuk merekam versi video dari episode podcast tersebut. 

Apa pun pilihan perlengkapanmu, tidak perlu semewah atau semahal saat merekam rekaman profesional. Yang terpenting hasilnya masih bisa dinikmati dengan baik oleh audiens. Kamu akan bisa menjangkau audiens yang lebih condong menonton video dengan strategi ini.

2. Mengubah episode podcast menjadi posting-an blog

Cara lain yang juga efektif untuk menggunakan kembali konten podcast adalah dengan mengkonversinya menjadi artikel blog. Postingan blog masih menjadi format popular di marketer konten saat ini, 86% marketer konten menggunakan postingan blog sebagai bagian dari strategi marketing mereka. 

Frekuensi dan konsistensi adalah kunci dalam menerbitkan posting-an blog. Faktanya, bisnis yang menerbitkan 16 posting-an atau lebih setiap bulan menghasilkan lalu lintas 3,5 kali lebih banyak traffic.

Namun mengubah konten podcast menjadi postingan blog bisa sangat menantang. Podcast rata-rata berdurasi 43 menit yang berarti ada banyak konten yang bisa diambil untuk menyusun posting-an blog yang panjang. Menurut riset dari Wix, posting-an blog yang ideal adalah antara 1.500 – 2.500 kata, dengan sweet spot tepat di 2.450 kata.Kamu bisa menyiasatinya dengan mengeluarkan poin-poin utama dari podcast mu dan mengaturnya menjadi artikel yang padu dan lebih ringkas—dengan mengambil intisarinya.

3. Menggunakan kutipan dari podcast di posting-an media sosial

Cara ketiga untuk menggunakan kembali konten podcast adalah mengumpulkan poin-poin penting dari konten podcast yang ada dan mengubahnya menjadi posting-an media sosial yang menarik.

Mengapa media sosial? Karena riset membuktikan bahwa jumlah pengguna media sosial secara global terus tumbuh, di Januari 2023 angkanya mencapai 4,76 miliar pengguna. Jadi, jika kamu ingin memperluas jangkauan audiens, pergilah ke tempat di mana orang-orang berada dan gunakan kembali konten podcast mu di sana.Salah satu opsinya adalah mengambil kutipan menarik dari podcast dan menampilkannya dalam posting-an dengan grafis. Bisa berupa grafis sederhana dengan template gambar yang bisa kamu sesuaikan dengan mudah untuk platform media sosial mana pun.

4. Memperluas podcast dan menggunakannya kembali sebagai ebook

Strategi lain untuk memberikan konten podcast kamu lebih banyak lagi jangkauan adalah mengemasnya kembali menjadi produk untuk dijual. Ebook adalah pilihan yang solid untuk dipertimbangkan, terutama mengingat lonjakan popularitas ebook pasca-pandemi.

Untuk meningkatkan pertumbuhan ini, kamu bisa memperluas konsep salah satu episode podcast kamu yang paling populer (atau beberapa di antaranya) dan menyaringnya menjadi ebook yang asik dibaca.

Langkah-langkahnya cukup mudah:

  • Mengidentifikasi poin-poin penting yang kamu inginkan untuk dimasukkan ke dalam ebook dan mengembangkannya menjadi pembahasan yang menarik. 
  • Membuat garis besar berdasarkan poin-poin penting tersebut.
  • Menuliskannya, saya tahu ini adalah langkah tersulit.
  • Kemudian mengeditnya. Sebuah proses yang menantang bagi banyak penulis, tapi disinilah perjuangannya. Kamu harus teguh untuk memotong kalimat bahkan jika bagian itu sangat kamu sukai. 
  • Mempublikasikan ebook untuk dijual kepada audiens.

Tidak masalah jika kamu tidak ingin menjual ebook tersebut, kamu bisa memberikannya secara gratis agar audiens mengunduhnya dari website atau blog yang kamu miliki. Ini bisa menjadi magnet prospek gratis untuk mendapatkan tambahan subscriber.


ADAPTO.ID is committed to creating impactful content and communication strategies for your organizations and brands. We produce audiovisual and readable materials to effectively deliver your messages. As your best partner, we understand your needs and challenges. Through memorable and meaningful storytelling, we hope to inspire and foster a strong connection with your audience and customers.

To learn more visit www.adapto.id and follow us on Instagram.

Bahasa

ADAPTO.ID berkomitmen untuk membuat konten dan strategi komunikasi yang berdampak bagi berbagai organisasi dan brand. Kami memproduksi materi audiovisual dan mudah dibaca untuk menyampaikan pesan organisasi dan brand secara efektif. Sebagai partner terbaik, kami memahami kebutuhan dan tantangan yang Anda hadapi. Melalui storytelling yang berkesan dan bermakna, kami berharap dapat menginspirasi dan membina hubungan yang kuat dengan audiens dan pelanggan Anda.Untuk mempelajari lebih lanjut, kunjungi www.adapto.id dan ikuti kami di Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Phone

Email

Location

About Us

Adapto.ID Hadir Untuk Membantu Komunitas dan Industri Kecil Menengah dalam Memenuhi Kebutuhan Produksi Audio Visual

Features

About

Layanan

Portofolio

Contact

Copyright © 2025 Adapto ID