Konten bermerek (branded content) adalah strategi pemasaran yang bertujuan meningkatkan kesadaran merek untuk suatu produk atau layanan. Konten bermerek fokus pada pesan, nilai dan cerita bisnis (perusahaan) untuk dilihat oleh audiens. Kamu ingin konten yang kamu ciptakan meningkatkan posisi merek dan menyebarkan pesan merekmu ke seluruh dunia.
Jadi, bagaimana kamu bisa membuat cerita merek yang akan menggerakkan audiens tanpa terdengar seperti sales yang agresif? Ayo kita lihat empat cara berikut:
1. Show, don’t tell
Konten bermerek bertujuan untuk menceritakan sebuah kisah, tetapi menceritakannya (tell) saja tidak cukup. Kamu perlu menunjukkan (show) kepada audiens betapa bagusnya merek kamu tapi dengan teknik show yang secara tulus terlihat pada konten yang kamu buat.
Alih-alih kamu hanya memberitahu dengan “Kami berkomitmen terhadap sustainability.” Kamu menunjukkan bagaimana merek bisnismu berkomitmen terhadap sustainability. Kamu bisa
membuat konten yang menunjukkan kepada audiens bagaimana kamu berkomitmen untuk mempraktikkan nilai ini secara konsisten, seperti bagaimana proses daur ulang produkmu setelah dipakai oleh konsumen.
Cerita yang menarik akan menghibur audiensmu, mengedukasi mereka, membuat mereka loyal terhadap merek.
2. Menyentuh emosi
Sentuhlah emosi audiens melalui konten bermerek yang kamu buat. Artinya, kamu harus secara khusus membuat konten untuk memanfaatkan emosi tertentu, seperti bahagia, terharu, sedih, untuk mendapatkan respons pelanggan. Pesan kamu harus menginspirasi audiensmu untuk terlibat, mengubah perspektif mereka tentang sesuatu, dan menginspirasi mereka untuk terus berbisnis denganmu karena kamu telah menarik minat mereka.
3. Temukan apa yang paling penting bagi audiens saat ini
Kami tahu bahwa suatu konten perlu memberikan nilai nyata kepada audiens. Namun apa yang paling berharga bagi mereka sekarang ini akan meningkatkan traffic konten. Meskipun ada hal-hal yang umumnya menarik minat mereka tetapi mencoba menemukan hal-hal yang paling penting bagi mereka saat ini akan mempunyai efek yang signifikan.
Misalnya, salah satu cara sederhana untuk mempromosikan layanan bimbingan belajar adalah menerbitkan artikel tentang topik bagaimana belajar saat menghadapi ujian. Akan tetapi jika kita menerbitkan artikel tersebut pada saat liburan sekolah, tentu siswa tidak membutuhkannya. Jadi dibandingkan menerbitkan artikel tersebut, bagaimana kalau menulis artikel tentang tips memanfaatkan waktu liburan siswa yang asyik dan bermanfaat.
4. Membuat konten yang menunjukkan keunggulan produk atau layanan
Sebagai marketer, kamu bertanggung jawab untuk menunjukkan kepada audiens apa yang baik tentang produk atau layananmu. Apa yang membuat produk atau layananmu spesial dibandingkan merek lain. Tentunya dengan melakukan kampanye yang unik. Misalnya dengan menggandeng pelangganmu sebagai brand advocates (pendukung merek). Seperti yang dilakukan oleh Starbucks berikut ini:
Starbucks menjalankan kampanye yang disebut #tweetacoffee yang memungkinkan pelanggan membeli kartu hadiah 5 dolar untuk seorang temannya. Dari proyek ini, Starbucks memperoleh wawasan tentang keterkaitan antara akun Twitter, handphone, dan daftar pelanggan mereka untuk 27.000 brand advocates, dan 27.000 calon pelanggan baru.
Membuat konten bermerek yang menarik bukanlah perkara mudah tapi bukan juga mustahil. Di zaman di mana kepercayaan sulit untuk diraih, pelanggan merespons jenis konten yang otentik dengan nilai tambah. Karena itu pastikan untuk mengaplikasikan empat hal di atas untuk kontenmu yang akan datang, ya!
ADAPTO.ID is committed to creating impactful content and communication strategies for your organizations and brands. We produce audiovisual and readable materials to effectively deliver your messages. As your best partner, we understand your needs and challenges. Through memorable and meaningful storytelling, we hope to inspire and foster a strong connection with your audience and customers.
To learn more visit www.adapto.id and follow us on Instagram
ADAPTO.ID berkomitmen untuk membuat konten dan strategi komunikasi yang berdampak bagi berbagai organisasi dan brand. Kami memproduksi materi audiovisual dan mudah dibaca untuk menyampaikan pesan organisasi dan brand secara efektif. Sebagai partner terbaik, kami memahami kebutuhan dan tantangan yang Anda hadapi. Melalui storytelling yang berkesan dan bermakna, kami berharap dapat menginspirasi dan membina hubungan yang kuat dengan audiens dan pelanggan Anda.
Untuk mempelajari lebih lanjut, kunjungi www.adapto.id dan ikuti kami di Instagram